Latihan Soal UN 2020

Paket A



Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.        Wayang adalah seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB. Pada 7 November 2013 menetapkan wayang sebagai petunjuk bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia. Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of oral and Intangible Heritage of Humanity)

Isi dari teks di atas adalah....

A.  Wayang adalah seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan asli Indonesia.

B.   UNESCO lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB.

C.   Pada 7 November 2013 menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia.

D.  Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur.

E.   Wayang adalah seni warisan yang diturunkan untuk generasi muda.



2.        Makna atau istilah yang bergaris bawah di atas adalah....

A.  Karya orang besar

B.   Karya orang yang ahli

C.   Karya yang sudah diakui oleh semua orang

D.  Karya yang dihasilkan oleh orang pintar

E.   Karya besar atau karya gemilang





3.        Cermati paragraf berikut!


Lalu lintas di Tol Jagorawi arah Jakarta mengalami memacetan panjang. PT Jasa Marga Persero, pengelola Tol Jagorawi, melaporkan kemacetan panjang tersebut terjadi akibat pekerjaan jalan di Km 12. Proyek itu menyebabkan lalu lintas ke arah Jakarta trsendat di Km 22 hingga Km 12 atau sejauh 10 Km. Dalam waktu tempuh satu jam, kendaraan hanya bisa menempuh jarak 7 km dari km 22 hingga Km 15   

Simpulan paragraf tersebut adalah....

A.  Kemacetan sepanjang 10 km terjadi di Tol Jagorawi dari Km 12 hingga Km 22 panjang di Tol Jagorawi menyebabkan lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta terganggu.

B.   Lalu lintas ke arah Jakarta melalui Tol Jagorawi mengalami kemacetan pada Km 12.

C.   Dalam waktu tempuh satu jam, kendaraan hanya bisa menempuh jarak sepanjang 7 Km.

D.  Kemacetan panjang di Tol Jagorawi terjadi karena adanya proyek perbaikan jalan di Km 12.

E.   Kemacetan panjang di Tol Jagorawi menyebabkan lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta terganggu.



4.        Cermati kedua kutipan berikut!

Teks 1
Bahan pengawet dari bahan kimia berfungsi membantu mempertahankan bahan makanan dari serangan mikroba pembusuk serta memberikan tambahan rasa sedap dan manis. Contoh beberapa jenis zat kimia, seperti cuka, asam asetat, fungisida, antioksidan, in-package desiccant, ethylene absorbent, dan wax emulsion digunakan untuk melindungi buah dan sayuran dari ancaman kerusakan pascapanen serta untuk memperpanjang kesegaran masa pemasaran. Nitrogen cair dengan takaran yang tepat sering digunakan untuk pembekuan buah dan sayur sehingga  kesegaran dan rasanya dapat dipertahankan.
Teks 2
Peredaran bahan pengawet saat ini sangat tak terkendali, terlebih bahan pengawet yang bernama formalin dan boraks. Banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui dampak negatif dari bahan-bahan tersebut menambah leluasanya barang tersebut beredar di sekitar kita, apalagi tidak adanya pengawasan yang ketat. Padahal dampak atau efek yang ditimbulkan bagi kesehatan manusia bila mengonsumsi produk pangan yang tercemar oleh formalin atau bahan-bahan pengawet makanan lainnya sangat berbahaya, antara lain tenggorokan dan perut terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah dan diare, kemungkinan terjadi pendarahan, sakit perut yang hebat, sakit kepala, hipertensi, kejang, tidak sadar, hingga koma. Selain itu juga dapat terjadi kerusakan hati, jantung, otak, limpa, pankreas, sistem susunan saraf pusat, dan ginjal.

Kontradiksi isi kedua kutipan teks tersebut adalah ...

A.  Bahan pengawet melindungi hasil pertanian dari serangan bakteri, selain itu bahan pengawet juga digunakan untuk produk makanan dan hasil perkebunan.

B.   Bahan pengawet dapat mempertahankan bahan makanan dari mikroba pembusuk dan menjaga kesegarannya, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada organ tubuh bagian dalam manusia.

C.   Bahan pengawet berdampak positif pada makanan dan produk pertanian dan hasil perkebunan, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada seluruh organ tubuh manusia.

D.  Bahan pengawet dapat mempertahankan kesegaran makanan dan hasil perkebunan, tetapi bahan pengawet dapat mengganggu stabilitas pertumbuhan organ tubuh manusia.

E.   Bahan pengawet dapat menambah rasa pada sebagian besar produk makanan, akan tetapi bahan pengawet akan merusak sistem saraf otak manusia.





5.        Pemerintah mengupayakan KTP elektronik (e-KTP) bisa terintegrasi dengan Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP). Upaya ini ditandai dengan perjanjian kerja sama antara Kementerian Keuangan dan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemenagri yang ditandatangani pada Jumat,2 November 2018. Pemerintah berharap Nomor Induk kependudukan yang tertera pada e-KTP dapat digunakan Direktorat Jendral Pajak Kementrian Keungan untuk mendapatkan informasi terkait perpajakan. Kendati demikian, proses realisasinya masih membutuhkan waktu mengingat masa transisi yang diperkirakan 4-5 tahun.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah...

A.  Upaya Pemerintah mengintegrasikan e-KTP dengan NPWP

B.   Upaya Pemerintah mengintegrasikan masa transisi e-KTP ke NPWP

C.   Upaya Pemerintah mengintegrasikan Nomor Induk Kependudukan

D.  Upaya Pemerintah mengintegrasikan Kementrian Keungan dan Kemendagri

E.   Upaya Pemerintah mengintegrasikan Dukcapil dengan Kementrian Keuangan





6.        1) Rencana pengoprasian MRT pada Maret 2019 menjadi kabar gembira  bagi warga Jakarta  dan sekitarnya. 2)  Mereka akan menikmati fasilitas angkutan umum massal, (Mass Rapid Trasit) layaknya kota-kota besar di berbagai belahan dunia. 3) MRT ibarat impian lama warga ibu kota yang segera terwujud. 4) Proyek ini sudah sejak lama dikaji pembangunannya, tepatnya sejak 1985. 5) Pada 2005, proyek MRT Jakarta masuk proyek nasional. 6) Moda tranportasi baru itu diharapkan mampu mengurangi kemacetan Jakarta. 

Simpulan isi teks editorial tersebut adalah....

A.  Studi subyek umum dan khusus dilakukan terkait dengan kemungkinan sistem MRT.

B.   Pengoprasian MRT tahun 2019 di Jakarta merupakan rencana jangka panjang.

C.   Moda tranportasi massal mampu meningkatkan mobilitas penduduk di sekitarnya.

D.  Pengoprasian MRT pada tahun 2019 diharapkan dapat mengurangi kemacetan Jakarta.

E.   Pengoprasian MRT dinilai menjadi solusi paling ideal menghemat belanja energi fosil.





7.        Yang termasuk kalimat opini dari teks di atas adalah nomor....

A.  1) dan 2)

B.   2) dan 4)

C.   3) dan 6)

D.  4) dan 5)

E.   5) dan 6)





8.        1) Kementrian Pertanian meluncurkan varietas kelapa unggul lokal kota Menado, Provinsi Sulawesi Utara. 2) menurut Kepala bidang Litbang Kementrian Pertanian Prof. Dr. M Syakir, varietas kelapa unggul ini mampu meningkatkan produksi kelapa hingga 10 persen. 3) Batang pohon yang tidak terlalu tinggi. 4) jadi, buruh petik dengan mudah memanjat pohon kelapa tersebut. 5) Varietas kelapa unggul ini menyesuaikan dengan jumlah buruh petik kelapa yang semakin sedikit.

Kalimat yang tidak padu di tunjukkan oleh kalimat yang berangka...

A.  1)

B.   2)

C.   3)

D.  4)

E.   5)



9.        Perhatikan kutipan cerita rakyat tersebut !

Pada zaman dulu di Jawa Barat terdapat sebuah kerajaan bernama Pakuan Pajajaran. Kerajaan tersebut dipimpin oleh seorang raja yang sangat arif dan bijaksana. Rakyat di bawah kekuasaannya sangat bahagia dan menghormati sang raja karena kepemimpinannya membuat hidup rakyat sejahtera. Raja tersebut bernama Prabu Siliwangi yang menjadi buah bibir seluruh rakyatnya karena sangat arif dan bijaksana.

Isi tersurat dari kutipan tersebut adalah....

A.  Raja yang bahagia dan menghomati rakyatnya.

B.   Seorang raja yang sangat arif dan bijaksana.

C.   Raja Prabu Siliwangi yang arif dan bijaksana

D.  Raja yang menjadi buah bibir.

E.   Raja yang yang membuat rakyat sejahtera.





10.    Ungkapan kutipan yang bercetak miring di atas artinya...

A.  Orang yang baik hati

B.   Orang yang bijaksana

C.   Bahan pembicaraan

D.  Bahan pemikiran

E.   Bahan inspirasi





11.    Perhatikan kutipan berikut!

1)    Menjelang malam, Eyang Masnawi disibukkan oleh anak-anak yang belajar mengaji. 2) Eyang Masnawi dan istrinya memang tidak memiliki anak, mereka adalah anak-anak Patrawisa. 3) Mereka tinggal berdua di rumah kayu yang halaman depannya tumbuh rindang sepasang pohon mangga dan rambutan. 4) Setiap pagi dan sore, rumah mereka begitu semarak karena kicauan burung yang bersarang di kedua pohon itu. 5) Saat musim buah panen, anak-anak yang mengaji di tempat Eyang Masnawi bebas memetik dan memakan buah-buahan itu.

Bukti watak tokoh Eyang Masnawi yang baik hati ditunjukkan oleh kalimat berangka...

A.     1)

B.     2)

C.     3)

D.     4)

E.      5)



12.    Nilai nilai dominan dari kutipan di atas adalah .....

A.     Nilai moral dan nilai agama

B.     Nilai sosial dan moral

C.     Nilai budaya dan nilai sosial

D.     Nilai agama dan moral

E.      Nilai agama dan nilai sosial



13.    1) Tapi engkau melupakan kehidupan kaummu sendiri, melupakan kehidupan anak istrimu sendiri hingga kucar-kacir selamanya. 2)Tidak, kesalahan engkau, karena engkau telah mementingkan dirimu sendiri. 3) Kau takut masuk neraka, karena itu kau taat bersembahyang. 4) Padahal engkau di dunia berteman, bersaudara, semuanya tapi engkau tak mempedulikan mereka sedikitpun. 5) Itulah kesalahanmu terbesar, terlalu egostis.

Urutan yang sesuai  dengan peristiwa di atas adalah.....

A.     1, 2, 3, 4, 5

B.     2, 1, 3, 5, 4

C.     2, 3, 5, 1, 4

D.     2, 3, 1, 5, 4

E.      3, 5, 4, 2, 1



14.    1) Kalau ada pertandingan dini hari, aku dan ayah bahu- membahu untuk membangunkan. 2) kami berdua beranak batanggang, atau tidak tidur sampai dini hari, duduk terpaku di depan TV Grundig 14 inci yang berkerai kayu tripleks, ditemani bergelas-gelas kopi. 3) Di Stadion Ullevi Gothenburg, tim berambut pirang ini meledakkan gawang belanda hanya dalam 5 menit pertama melalui tandukan Larsen: 1-0. 4) aku mengepalkan tangan tinggi-tinggi di udara, “yes!”  teriakku. 5) Aku lirik Ayah, beliau menggeleng- geleng sambil mendehem.

Bukti latar tempat dalam kutipan tersebut ditunjukkan kalimat...

A.     1)

B.     2)

C.     3)

D.     4)

E.      5)



15.    Itulah sebabnya Warso berbuat nekat. Dengan sebilah belati akhirnya ia mencari mangsa. Dari korban pertama yang akn dirampoknya adalah lelaki berpakaian rapi itu yang berjalan seorang diri melewati gang sepi.

Mendengar cerita Warso, lelaki itu tertawa terbahak-bahak. “ Jakarta memang kejam, Bung! Kata lelaki itu setelah mendengar ceritanya. “Disini banyak serigala berkeliaran. Kalau tidak hati-hati, engkau mudah dimangsa. Di sini yang berlaku hukum rimba. Siapa cepat dia dapat, siapa kuat dia menang. Jangan bicara hati nurani di sini. Apalagi persahabatan dan kasih sayang. Semua itu omong kosong. Di sini manusia telah menjelma jadi tikus, buaya, bunglon, harimau, kutu busuk, lalat, nyamuk, rayap, kadal,kecoak, dan segala binatang yang punya sifat licik dan rakus. Tidak hanya kalangan bawah yang kelaparan, kalangan atas justeru lebih buas dan rakus lagi. Mereka memakan uang rakyat dengan cara korupsi.”

Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan dalam kutipan tersebut di atas adalah.....

A.     Unsur satire atau sindiran dalam kutipan cerpen menjadi daya tarik tersendiri kutipan cerpen tersebut

B.     Mengedepankan kehidupan nyata, yakni kekerasan hidup yang dialami tokoh sehingga ia melakukan kejahatan.

C.     Pemakaian bahasa yang tiada biasa dipakai sehari-hari terlalu berat bagi pembaca untuk mencerna isi cerita.

D.     Kehidupan kota besar menjadi unsur menarik yang dapat membuat pembaca larut dalam isi cerpen.

E.      Penyebutan jenis-jenis binatang yang disertakan dalam kutipan cerpen tersebut semakin membuat bingung pembaca.







16.    Cermati paragraf berikut!

Peta gempa nasional idealnya terus dimutakhirkan seiring dengan adanya penemuan baru, kebaruan metodologi, serta teknik perhitungan. Dari data penambahan sumber-sumber gempa ini, pada akhirnya akan dibuat peta gempa nasional. Revisi data sumber gempa ini akan menjadi dasar perhitungan bagi penentuan Standar Nasional Indonesia untuk kekuatan … bangunan atau infrastruktur.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

A.     material

B.     kontrol

C.     mobilitas

D.     modifikasi

E.      konstruksi





17.    1)  Pertunjukkan tari kecak tidak menggunakan alat musik apapun

2)   Tari kecak merupakan salah satu kesenian drama tari yang sangat unik

3)   Anggota pengiring suara tersebut biasanya terdiri atas 50 orang atau lebih.

4)   Tari ini hanya diiringi oleh suara teriakan anggota yang mengelilingi penari dan suara kerincing yang diikatkan pada kaki para penarinya.

5)   Anggota pengiring tersebut terdiri atas anggota yang bertugas terdiri atas anggota yang bertugas sebagai pengatur nada, penembang solo, dan dalang yang mengatur jalannya cerita.

Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah...

A.     2)-1)-3)-4)-5)

B.     2)-1)-4)-3)-5)

C.     2)-3)-1)-4)-5)

D.     2)-3)-1)-5)-4)

E.      2)-4)-1)-5)-3)





18.    Cermati paragraf (tesis) dan kalimat-kalimat argumentasi berikut!

Tesis
Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama Latin Aloe vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Kalimat-kalimat argumentasi
(1)
Lidah buaya mempunyai efek antibakteri dan antijamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat karena memiliki aktioksidan yang kuat, mengangkat radikal bebas, dan melindungi tubuh.
(2)
Daun lidah buaya agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, bagian samping bergerigi, dan mempunyai bintik-bintik.
(3)
Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya menurunkan kadar gula.
(4)
Biasanya tanaman ini ditanam di dalam pot atau pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.
(5)
Daun lidah buaya mengandung air, oleh sebab itu tanaman ini dapat bertahan hidup di tempat yang memiliki suhu panas.

           

Kalimat argumentasi yang dapat mendukung tesis tersebut adalah ....

A.   (1) dan (2)

B.    (1) dan (3)

C.    (2) dan (3)

D.   (3) dan (4)

E.    (4) dan (5)



19.    Organisasi Biorock Indonesia mengenalkan cara merehabilitasi terumbu karang dalam gelaran Asia Pacific Day of the Ocean. Organisasi ini hampir dua......bergerak dalam rehabilitasi terumbu karang di berbagai wilayah di Indonesia. Menurut Biorock indonesia, Asia Pasifik merupakan rumah bagi sebagian besar keragaman hayati dan ekonomi kelautan yang..... Dari perikanan hingga pariwisata berbasis maritim, laut menjadi sebuah sumber vital bagi kehidupan dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berperan penting dalam keseimbangan......

A.     Dekade, product, iklim

B.     Dekade, produktif, iklim   

C.     Dikade, produksi, eklim

D.     Dikade, produktif,eklem

E.      Dekade, pruduktiv, eklim



20.    Cermati teks negosiasi berikut!

Wali kelas
:
“Anto, bagaimana rencana studi wisata ke Tanjung Bira, apakah semua temanmu setuju?”
Ketua kelas
:
“Saya sudah berbicara dengan teman-teman, Bu. Mereka ingin studi wisata ke Pantai Marina saja Bu.”
Wali kelas
:
“Wah kenapa bisa begitu?”
Ketua kelas
:
“Kalau Tanjung Bira sekolah kita sudah sangat sering berkunjung ke sana, Bu sedangkan Pantai Marina belum pernah sama sekali.”
Wali kelas
:
“Bagaimana ya, Ibu sudah membicarakannya dengan kepala sekolah. Beliau setuju.”
Ketua kelas
:
“Tapi kalau ke Tanjung Bira, teman-teman banyak yang tidak ikut.”
Wali kelas
:
“Anto, Ibu sudah mempersiapkan semuanya.”
Ketua kelas
:
“…”
Wali kelas
:
“Baiklah kalau begitu, laporkan ke ibu hasilnya.”
Ketua kelas
:
“Baik, Bu.”

 Kalimat berupa pengajuan usulan yang santun untuk melengkapi teks tersebut adalah ...

A.       Ibu tidak usah susah-susah menghadapi persoalan ini biar kami yang menyelesaikan persoalan ini.

B.       Kalau begitu kita laporkan saja masalah ini kepada kepala sekolah biar kapok mereka pasti ada penghasutnya, Bu.

C.       Begini saja Bu, biar saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah dan menceritakan rencana ini.

D.       Bu, teman-teman itu tidak mengerti kondisi kita sebagai panitia dan kesulitan Ibu, mereka mau enaknya sendiri.

E.        Bu, serahkan saja kepada saya soal mereka tidak setuju ke Tanjung Bira. Mereka nggak  ada perasaan, memang mudah ngelolanya.



21.    Jika kecelakaan menimpa Anda saat sedirian di rumah dan mengalami pendaraha, terutama saat masih sadar, segera hentikan pendarahan tersebut. Gunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan.

Kalimat tanya yang mempunyai tujuan sama dengan kalimat bercetak miring tersebut adalah..........

A.     Sudahkah Anda menggunakan handuk untuk menghentikan pendarahan?

B.     Apakah Anda sudah menghentikan pendarahan dengan cepat dan tepat?

C.     Apakah handuk atau sejenisnya dapat menghentikan pendarahan?

D.     Mengapa handuk atau sejenisnya digunakan untuk menghentikan pendarahan?

E.      Siapakah yang dapat menghentikan pendarahan pada saat kritis?



22.     Cermati teks negosiasi berikut!

Pembeli
:
“Bu saya mau beli gitar ini, berapa harganya?”
Penjual
:
“Kalau gitar yang itu harganya 750 ribu, Nak.”
Pembeli
:
“Harganya boleh kurang nggak, Bu?”
Penjual
:
“Hmmm, boleh. Mau nawar berapa, Nak?”
Pembeli
:
“600 ribu aja Bu, gimana?”
Penjual
:
“Wah, harga segitu rasanya tidak bisa, Nak.”
Pembeli
:
“Kalau 625 ribu?”
Penjual
:
“…”
Pembeli
:
“Iya deh Bu, saya setuju, ini uangnya.”

          Kalimat berupa pengajuan usulan yang santun untuk melengkapi teks tersebut adalah ...

A.  Wah, nggak bisa. Kemurahan kalau segitu.

B.   Yang benar saja, nawarnya serius tidak.

C.   Naikkan sedikit Nak, 650 ribu Ibu lepas gitar ini.

D.  Niat beli atau tidak Nak, Ibu tidak memaksa.

E.   Nawarnya jangan main-main Nak, Ibu pedagang.





23.    Perhatikan paragraf berikut!

Naladipa kesulitan membuka botol kecap yang terbuat dari logam. Walaupun sudah memakai tuas untuk melepasnya, ia masih kesulitan untuk melepas tutup tersebut. Naladipa memang anak yang......sehingga menemukan cara membuka tutup dengan mudah. Ia memanaskan sebentar tutup botol itu dengan api. Tutup botol itu memuai sehingga dapat dibuka dengan mudah.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf terseut adalah.....

A.  Panjang tangan

B.   Panjang lidah

C.   Panjang akal

D.  Panjang hati

E.   Panjang mulut  



24.    Syarif terdiam. Memandang berkarung-karung padinya yang sudah terlanjur dibawa ke gudang tersebut. Hasil panen tahun ini memang yang terburuk dari beberapa tahun terakhir. Musim yang tak .......... dengan hujan hampir sepanjang tahun. Ia juga mengerti jika susah untuk menjualnya. Dan padi-padi tersebut pun tidak mungkin ia bawa kembali. Akhirnya ia relakan hanya menerima dua ratus ribu rupiah perkuintal. Padahal jika musim tengah baik, padinya perkuintal bisa lima ratus hingga enam ratus ribu rupiah

Dikutip dari: Ali satri Efendi, “Musim Panen dan Hewan qurban”

Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen tersebut adalah....

A.       beraturan

B.        karuan

C.        menentu

D.       pasti

E.        sesuai









25.    Sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan, tidak bisa hancur dengan alami, biasanya terdiri atas limbah bahan-bahan imia yang tidak mudah diuraikan. Sedangkan jika sampah anorganik di daur ulang dapat membuat barang yang bernilai guna. Contoh jenis sampah anorganik adalah plastik, wadah detergen, dan plasti-plastik bungkus sisa makanan.   

Kalimat yang bergaris menunjukkan kaidah kebahasaan laporan observasi .......

A.       Kalimat simplek

B.        Kalimat komplek

C.        Kalimat definisi

D.       Kalimat deskripsi

E.        Kalimat majemuk campuran



26.    Wanabaya             :  “Lhahdalah. Bukankah bapak tua sudah restui?”

Putri Pembayun    :  “Bapak tua bukanlah ayah kandungku, Kakang.”

Wanabaya             :  “Jadi kalian berdua sudah berdusta?”

Putri Pembayun    :  “..........”

Wanabaya             :  “Lhahdalah, wanita secantik ini pandai berdusta.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah.....

A.     Aku tidak pernah mendustaimu, Kang.

B.     Kang jangan berburuk sangka dahulu.

C.     Ya, Kang, kami telah berdusta.

D.     Bapak tua yang telah menipumu.

E.      Aku tidak pernah merencanakannya, Kang.





27.    Alangkah tercengangnya Haji Saleh, karena di neraka itu banyak temannya di dunia, terpanggang panas, merintih kesakitan dan ia tambah tak mengerti lagi dengan keadaan dirinya karena semua orang yang dilihatnya di neraka tak kurang ibadatnya dari dia sendiri. ............................................ Lalu Haji Saleh mendekati mereka,lalu bertanya kenapa mereka di neraka semuanya?

Kalimat yang tepat untuk melengkapi yang rumpang tersebut adalah....

A.  Tapi bagaimana haji saleh, orang-orang itupun tak mengerti juga.

B.   Bagaimana Tuhan kita ini? Kata haji saleh pula.

C.   Bahkan, ada salah seorang yang telah sampai empat belas kali ke Mekah dan bergelar Syeh pula.

D.  Bukankah kita disuruh taat beribadah oleh-Nya.

E.   “Memang tidak adil,”kata orang-orang mengulangi ucapan haji Saleh





28.    Pelapor     :   “Iya pak, saya beruntung, karena CCTV merekam dengan jelas.  Saya bisa   melihat     dengan jelas wajah malingnya.”

Polisi         :   “Sudah minta izin malingnya untuk merekam?”

Teks anekdot di atas termasuk struktur bagian......

A.     Abtraksi

B.     Orientasi

C.     Krisis

D.     Reaksi

E.      Koda







29.    Cermati kalimat di bawah ini!

Bagaimana kadar keilmiahan isi tulisan para siswa SMAN 1 Bandung dalam mading sekolahnya?

Bagaimana kadar keilmiahan tulisan para siswa SMAN 1 Bandung dalam mading di sekolahnya?

Pertanyaan di atas termasuk struktur proposal bagian.....

A.     Latar belakang masalah

B.     Perumusan masalah

C.     Tujuan penelitian

D.     Kontribusi penelitian

E.      Definisi operasional

30.    Seorang kakek hidup serumah bersama anak, menantu,dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata rabunnya membuat kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh.

................................................................................................................................................................

Jika diubah menjadi teks anekdot ...

Abstraksi  : Kakek tua yang tinggal bersama anak, menantu dan cucu 6 tahun.

Reaksi                   : ...........................................................................................................................

Koda                     : Cucu 6 tahun mengungkapkan kelak akan membuat meja terpisah juga untuk ayah

                                          ayah dan ibunya.

Kalimat tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah........

Orientasi               : Kebiasaan makan malam di rumah si anak. Kakek tua makannya sering berantakan.

Krisis                    : Kakek tua diberi meja kecil terpisah di pojok, dengan alat makan anti pecah.

A.     Cucu 6 tahun membuat replika alat makan.

B.     Cucu 6 tahun membuat replika meja terpisah.

C.     Cucu 6 tahun membuat replika meja kecil.

D.     Cucu 6 tahun membuat replika alat makan anti pecah.

E.      Cucu 6 tahun membuat replika meja makan.



31.    Perhatikan kedua teks tersebut!

Teks 1

Kondisi tempat rekreasi Situ Pedongkelan saat ini sangat memprihatinkan. Situ tersebut tampak kotor dengan sampah bertebaran di permukaan air. Sementara itu, kondisi air berwarna hijau lumut. Saat ini terlihat ada tiga orang petugas dari dinas sedang membersihkan sampah-sampah yang menumpuk.alat beratpun terlihat sedang dioperasikan untuk pengerukkan. Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok berjanji akan menata situ Pedongkelan menggunakan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta.

Teks 2

Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Citra Yulianti, mengatakan pihaknya mulai mengeruk lumpur-lumpur yang bercampur dengan sampah di Situ Pedongkelan. Dia juga mengungkapkan seluruh penataan di sepanjang Situ Pedongkelan ditargetkan selesai Desember 2018. Penataan di situ ini dilakuka secara menyeluruh, mencakup perbaikan trotoar, turap, taman, dan pengerukan. Penataan ini sudah mulai dilakukandari Oktober lalu menggunakan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah....

A.  Penataan Situ Pedongkelan menggunakan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta.

B.   Kondisi Situ Pendongkelan saat ini dipenuhi dengan sampah di permukaan airnya.

C.   Penataan di sepanjang Situ Pedongkelan ditargetkan selsai Desember 2018.

D.  Setiap hari ada petugas yang membersihkan sampah dan lumpur di Situ Pedongkelan.

E.   Sampah yang memenuhi Situ Pedongkelan berasal dari sampah warga sekitar.



32.    Kopi hitam salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat. Kopi hitam bermanfaat mencegah terjadinya depresi karena aromanya mampu menenangkan pikiran. Selain itu, kopi hitam yang dikonsumsi tanpa tambahan gula dapat mencegah diabetes. Kopi hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Teks di atas termasuk teks......

A.  Argumentasi karena berisi alasan.

B.   Eksplanasi karena berisi pendapat.

C.   Deskripsi karena berisi gambaran.

D.  Eksposisi karena berisi penjelasan.

E.   Persuasi karena berisi ajakan.



33.    Yang mencuri perhatian kali ini bukan hanya soal desas-desus itu. Sepeninggal Kalagemen Sri Jayanegara dengan segera muncul pertanyaan, siapa yang akan naik takhta menggantikannya. Dua pewaris yang masing-masing berwajah cantik itu memang bersih, tetapi apa yang terlihat tidak sesederhana yang tampak. Pancakarsa bahkan melihat persaingan amat tajam bakal terjadi, terutama riuhnya barisan orang-oran di belakang Kudamerta dan barisan orang-orang.





Kutipan di atas termasuk struktur bagian ...

A.     Orientasi karena berisi tentang latar waktu dan situasi cerita yang akan diceritakan yaitu pada masa kerajaan Majapahit.

B.     Pengungkapan peritiwa karena menyajikan peristiwa yang menjadi penyebab munculnya permasalahan dalam cerita selanjutnya.

C.     Menuju konflik karena peristiwa yang diungkapkan pada bagian ini menyebabkan terjadinya konflik yang berkepanjangan.

D.     Puncak konflik karena pada bagian ini banyak peristiwa besar yang terjadi yang menyebabkan permasalahan menjadi sangat rumit.

E.      Resolusi karena merupakan bagian penyelesaian permasalahan.



34.     Melihat itu, tak seorangpun yang menoleh karena semua berpikir Patih Daha Gajah Mada   memang mampu dan layak berada di tempat yang sekarang ia pegang.

Dari kutipan teks di atas kata khusus dari kata umum yang bergaris adalah....

A.     meninjau

B.     memantau

C.     menyurvey

D.     Melirik

E.      Mengkaji





35.    Perhatikan surat lamaran pekerjaan berikut ini!

               1. Bandung 17 September 2019

               2. Perihal      :  lamaran calon PNS

               3. lampiran   :  lima berkas

               4. Yth: Kepala Dinas Pendidikan

             Kabupaten Bandung

             Di Bandung

               5. Dengan hormat,

               6. Dengan ini.......

               7. .......

               8. hormat saya,

                                                                                   

Sistematika surat lamaran pekerjaan di atas yang salah adalah.......

A.  A.1 dan 2

B.   1 dan 4

C.   3 dan 4

D.  5 dan 6

E.   7 dan 8



36.    Dengan hormat,

Berdasarkan surat lamaran Bapak tertanggal 17 september 2019, maka dengan menyesal kami tidak dapat memenuhi permohonan Bapak. Berhubung tempat yang Bapak inginkan, baru-baru ini sudah ada yang menempati....

Kalimat yang tepat untuk mengubah kalimat yang dicetak miring dalam penggalan surat balasan lamaran pekerjaan tersebut adalah....

A.  Berhubung Bapak agak terlambat untuk melamar pekerjaan

B.   Hal ini disebabkan lowongan kerja yang Bapak harapkan sudah ada yang mengisi

C.   Setelah tempat yang Bapak harapkan sudah tidak ada lagi

D.  Berhubung tempat yang Bapak harapkan sudah tidak ada lagi

E.   Sebab lowongan kerja yang Bapak inginkan sudah diisi orang lain



37.    Melalui surat ini, saya:

       Nama                         : Abdul Rahmat

Tempat/tanggal                        : Bandung, 17 Desember 2000

Alamat                                     : Gang X Perumahan Margahayu Kencana, Bandung

Pendidikan terakhir     : SMA

Pada bagian surat tersebut terdapat kesalahan penulisan dan dapat diperbaiki dengan cara di bawah in, yaitu....

A.  Kata nama, tempat/ tanggal lahir, alamat, dan pendidikan seharusnya diawali dengan hurup kecil

B.   Kata melalui seharusnya menggunakan kata Dengan

C.   Kata November seharusnya Nopember                       

D.  Nama Abdul Rahmat seharusnya Abdurrahmat

E.   Angka X seharusnya 10     





38.    Cermati paragraf di bawah ini!

Akhirnya, marilah kita panjatkan doa semoga arwah para pahlawan kita diterima di sisi Allah dengan beribu-ribu kemuliaan. Kemudian, kita dan anak cucu kita bisa mengambil suri teladan untuk diamalkan dalam membangun negara yang aman, sentosa, adil,dan makmur.

          Perbaikan yang tepat untuk kalimat yang bergaris di atas adalah....

A.  Kemuliaan yang sebesar-besarnya

B.   kemuliaan yang setinggi-tingginya

C.   kemuliaan

D.  berbagai kemuliaan

E.   kemuliaan yang hakiki





39.    Demikianlah surat lamaran ini kami ajukan dan atas perhatiannya kami ucapkan beribu-ribu terimakasih

   Perbaikan yang tepat untuk penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah....

A.  Atas perhatian saudara kami ucapakan banyak terima kasih.

B.   Atas perhatian dan perkenan Saudara kami ucapkan beribu terima kasih.

C.   Atas perhatian Bapak/ Ibu kami menyampaikan terima kasih.

D.  Atas perhatian Bapak/ ibu, saya mengucapkan terima kasih.

E.   Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih banyak.





40.    Cermati kutipan biografi!

Januari 1935, Hatta dan kawan-kawannya tiba di Tanah Merah, Boven Digoel (Papua). Desember 1935, Kapten Wiarda, pengganti Van Langen, memberitahukan bahwa tempat pengasingan Hatta dan Syahrir dipidah ke Bandaneira, Januari 1936 keduanya berangkat ke Bandaneira. Mereka bertemu Dr Tjipto Mangunkusumo dan Mr. Iwa Kusumasumantri. Di Bandaneira, Hatta dan Syahrir dapat bergaul bebas dengan penduduk setempat dan memberi pelajaran kepada anak-anak setempat dalam bidang sejarah, tata buku,politik, dan lain-lain.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh Hatta dalam kutipan tersebut adalah...

A.  Bersama kawan-kawannya pergi ke Tanah Merah.

B.   Pindah dari Boven ke Bandaneira Januari 1936.

C.   Bertemu Dr Tjipto Mangunkusumo di Bandaneira.

D.  Bergaul bebas bersama penduduk dimana pun berada.

E.   Memberi pelajaran kepada anak-anak di Bandaneira.





41.    Perhatikan kutipan teks!

Dewasa ini kopi ditanam di lebih dari 50 negara di dunia, salah satunya Indonesia. Pada tahun 2019 Indonesia menempati posisi keempat negara penghasil kopi. Menurut Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEK), sekitar 83% produksi kopi Indonesia dari jenis robusta dan 17% arabia. Kedua jenis kopi tersebut menjadi andalan ekspor Indonesia. Indonesia juga menghasilkan kopi jenis liberika dan excelsa. Akan tetapi, jumlahnya tidak signifikan bila dibandingkan arabika dan robusta.

Kesimpulan paragraf tersebut adalah.....

A.       Indonesia menjadi penghasil kopi terbesar di dunia.

B.        Indonesia mengespor kopi jenis robusta dan arabia.

C.        Indonesia merupakan penghasil kopi liberika terbanyak.

D.       Indonesia paling banyak mengekspor jenis kopi robusta.

E.        Indonesia menjadi negara penghasil kopi arabika terbesar.  





42.    Cermati tesis di bawah ini!      

Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam masalah yang lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan.dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Argumen berdasarkan tesis di atas adalah.....

A.  Para ahli menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh praktik pembangunan yang tidak memerhatikan kelestarian alam, atau disebut pembangunan yang tidak berkelanjutan. Seharusnya, konsep pembangunan adalah memenuhi kebutuhan manusia saat ini dengan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya.

B.   Masalah lingkungan merupakan masalah yang serius yang harus segera diatas. Meskipun tidak mungkin mengatasi semua masalah tersebut setidaknya harus dicari solusinya.

C.   Bencana alam seperti banjir, angin puting beliung dan tsunami yang tidak bisa diprediksi sehingga menambah beban pada masyarakat dan pemerintah.

D.  Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini padahal sudah sesuai dengan harapan sehingga berbagai kesulitan sepertinya sudah bisa diatasi

E.   Bencana alam lain yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena sudah hukum alam yang tidak bisa dihindari oleh kita sebagai manusia.







43.    Cermati hikayat tersebut!

Demikian bunyi titah yang maha mulia : “Bahwa beta minta perbuatkan hikayat pada bendahara peri peristiwa dan peraturan segala raja-raja Melayu dengan adat istiadatnya sekali, supaya diketahui oleh segala anak cucu kita yang kemudian daripada anak kita, diingatkan syahdan berolah manfaat daripadanya.” Setelah Fahir, Alladzi Murakkabun ala jahin, mendengar demikian maka Fahir terkejutlah, dan minta taufik kehadirat tuhan Samiul Alam.

Isi kutipan tersebut menceritakan tentang.....

A.       Raja memerintahkan rakyatnya untuk membuat sejarah Melayu agar diketahui anak cucunya.

B.         Fahir meminta kepada raja membuat sejarah Melayu.

C.        Anak cucu kita harus memperoleh manfaat dari perbuatan yang dilakukan para raja Melayu adat kerajaan.

D.       Raja memerintahkan kepada fahir agar anak cucunya meminta taufik kapada Tuhan Alam.   

E.        Raja minta dibuatkan hikayat tentang peraturan dan adat istiadat raja Melayu agar kelak diketahui anak cucunya.







44.    “Kami mengucap terima kasih

Sebesar-besarnya, dan

Setinggi-tingginya

Kepada Bapak Bupati

Yang telah berkenan

Membantu desa kami .”

Di luar, di bawah jendela aula

Seorang murid SD kelas enam berkata

“Terima kasihnya

Untuk Tuhan tidak tersisa.”

                                                       (Taufik Ismail)

Tema yang tersirat dalam puisi tersebut adalah....

A.       Kritik sosial

B.        Keagamaan

C.        Moral

D.       Pendidikan





45.    Cermati paragraf berikut!

Esanbe Hanakita Kojima, pulau kecil di jepang. Namun, nama pulau tersebut menjadi berita utam setelah ia menghilang ke laut ke laut. Kombinasi angin dan hanyutnya es diduga menjadi penyebab tenggelamnya pulau tersebut di bawah gelombang. Sebelum menghilang, dari rantai pulau yang mengalami sengketa menjadi penanda tepi barat. Jepang menyebutnya sebagai Teritori Utara. Sementara itu, usia memanggilnya Pulau Kuril.

Kesalahan kalimat dari paragraf di atas adalah....

A.       Namun, nama pulau tersebut menjadi berita utam setelah ia menghilang ke laut ke laut.

B.        Kombinasi angin dan hanyutnya es diduga menjadi penyebab tenggelamnya pulau tersebut di bawah gelombang

C.        Kombinasi angin dan hanyutnya es diduga menjadi penyebab tenggelamnya pulau tersebut di bawah gelombang

D.       Sebelum menghilang, dari rantai pulau yang mengalami sengketa menjadi penanda tepi barat.

Jepang menyebutnya sebagai Teritori Utara.

E.         Sementara itu, usia memanggilnya Pulau Kuril. Jepang menyebutnya sebagai Teritori Utara. Sementara itu, usia memanggilnya Pulau Kuril



46.    Perhatikan kutipan puisi berikut !

                             Dalam Mesjid

                

        Aku berusaha menetapi                    1)

         Lima kali dalam sehari                     2)

        Di depan mihrab memasrahkan diri  3)

 Ke dalam hening suci                              4)

 Ke bawah keagungan abadi                     5)

                                                                                                    Karya   : Apip Mustopa

Larik yang menyimbolkan penyair taat beribadah ditunjukkan oleh angka...

A.       1)

B.        2)

C.        3)

D.       4)

E.        5)







47.    Cermati ilustrasi di bawah ini!

Setelah meninggal manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas amal perbuatan yang dilakukan saat masih hidup, seluruh tubuh manusia akan bersaksi atas apa yang dikerjakan.

Puisi yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah.......

A.     Aku sekarang orangnya bisa tahan

Sudah berapa waktu bukan anak lagi

Tapi dulu memang ada satu bahan

Yang bukan dasar perhitungan kini

B.     Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari

Hingga hilang pedih peri

C.     Akan datang hari

Mulut dikunci

Kata tak ada lagi

D.     Tuhanku

Aku hilang remuk bentuk

Remuk

E.      Dan karena hidup itu indah

Aku menangis sepuasnya-puasnya





48.    Cermati kutipan surat lamaran pekerjaan di bawah ini!

1. Bandung, 20 September 2019

2. Hal: Lamaran Pekerjaan

3. YTH. Direktur CV Multimedia Utama

     Jalan D.I Panjaitan 57, Balik Papan

4. Dengan hormat,

5. Dengan ini saya membuat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi ....



Nomor 3 di atas termasuk sistematika bagian ...

A.  Tempat dan tanggal pembuatan surat

B.   Perihal dan lampiran

C.   Alamat surat

D.  Salam pembuka

E.   Alinea pembuka





49.    Bacalah kutipan teks novel sejarah berikut!

Yang mecuri perhatian kali ini bukan hanya soal desas-desus itu.sepeninggal Kalagemet Sri Jayanegara dengan segera muncul pertanyaan, siapa yang akan naik takhta menggantikannya.

Dua pewaris yang masing-masing berwajah cantik itu memang bersih, tetapi ap yang terlihat tidak sesederhana yang tampak. Pancaksara bahkan melihat persaingan amat tajam bakal terjadi, terutama riuhnya barisan orang-orang di belakang Kudamerta dan barisan orang-orang.

Kutipan teks novel sejarah di atas termasuk struktur teks novel sejarah bagian....

A.       Pengenalan situasi cerita

B.        Pengungkapan peritiwa

C.        Menuju konflik

D.       Puncak konflik

E.        Penyelesaian







50.    Sebelas tahun yang lalu ketika Srintil masih bayi. Dukuh Paruk yang kecil basah kuyup tersiram hujan lebat. Dalam kegelapan yang pekat, pemukiman terpencil itu lengang, amat lengang. Hanya tangis bayi dan lampu kecil berkelip menandakan pedukuhan itu berpenghuni. Tak ada suara kecuali suara kodok. Bangsa reptil itu berpesta pora .....................................................................................

Dia sedang mengakhiri pekerjaannya malam ini. Bungkil ampas minyak kelapa yang telah ditumbuk halus dibilas dalam air. Setelah dituntas kemudian dikukus.

.......................................................................................................................................

Sudah sejak lama santayib memenuhi kebutuhan orang Dukuh Paruk akan tempe itu.

(sumber: Ronggeng Dukuh Paruk)

Kutipan teks novel sejarah menceritakan.......

A.       Pandangan pengarang terhadap kehidupan di Dukuh Paruk yang yang yang masih terbelakang, seperti kebodohan.

B.        Pandangan pengarang terhadap kehidupan di Dukuh Paruk yang yang yang masih terbelenggu.

C.        Pandangan pengarang terhadap kehidupan di Dukuh Paruk yang yang yang masih terbelakang, seperti kemiskinan.

D.       Pandangan pengarang terhadap kehidupan di Dukuh Paruk yang yang yang masih terbelakang seperti kebodohan dan kemiskinan.

E.        Pandangan pengarang terhadap kehidupan di Dukuh Paruk yang yang suka berjualan tempe bongkrek.




Diskusikanlah Bersama teman sebangku, kemudian jawablah dengan  mengirimkannya melalui kolom email ke abuafifi@gmail.com lengkapi dengan pembahasan secukupnya!! jangan lupa tinggalkan pesan pada kolom komentar sebagai bukti kehadiran Ananda!


Komentar

  1. Tengku wildan 12ipa3...hadir pak... :')

    BalasHapus
  2. Dik dik nur illahi
    Xii mipa 12

    BalasHapus
  3. Widya Putri Aditya 12ipa3 hadirrr...😊

    BalasHapus
  4. Reina Putri Syadiyah hadir pak^_^

    BalasHapus
  5. Hesti Sri Utami, 12 mipa 3 hadirrrrr pakkkk 👌

    BalasHapus
  6. Nurul Syifa Hidayanti
    Xii Mipa 3

    BalasHapus
  7. Syifa rihhadatul 12 mipa 3
    Hafir pak

    BalasHapus
  8. Widya Putri dan Feby alfio 12 A 3

    BalasHapus
  9. Yeni Aulia Choirunnisa XII MIPA 2. Hadir

    BalasHapus
  10. Ghinan Muhamad Z XII MIPA 2, Hadir

    BalasHapus
  11. Ayu Fitri Juniawati XII MIPA 2, Hadir

    BalasHapus
  12. Fanny nur aliyani XII MIPA 2
    hadir✌️

    BalasHapus
  13. Citra Retna Gemilang XII MIPA 2, Hadir

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Sylvania Wiendhy XII MIPA 2, Hadir

    BalasHapus
  17. Sylvania Wiendhy XII MIPA 2, Hadir

    BalasHapus
  18. Darul Abdul Fattah XII MIPA 2,HADIR

    BalasHapus
  19. Darul Abdul Fattah XII MIPA 2,HADIR

    BalasHapus
  20. Darul Abdul Fattah XII MIPA 2,HADIR

    BalasHapus
  21. Apa jawabn no 16 kk? Please jwbn

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bank Soal UN dan Kunci Jawabannya

Latihan Soal US Bahasa Indonesia 2020